Rumusan Masalah Skripsi Rancangan SIM RS Rawat Jalan

Suatu karya tulis ilmiah termasuk skripsi tentu di awali oleh suatu masalah atau latar belakang masalah yang selnjutnya menjadi rumusan masalah. Nah sobat, berikut ini adalah sebuah contoh sebuah masalah yang melatarbelakangi dilakukannya sebuah penelitian pada skripsi Rancangan Sistem Informasi Pelayanan Medis Rawat jalan poliklinik pada Rumah Sakit.

latar belakang rumusan masalah


Bab I Pendahuluan

A. Latar Belakang Masalah


Rumah sakit merupakan tempat dimana orang sakit mencari dan menerima perawatan (1), pernyataan ini berarti bahwa Rumah Sakit berperan sebagai tempat pemberi pelayanan kesehatan. Di Rumah Sakit terdapat unit-unit atau instalasi pelayanan kesehatan antara lain : Unit Gawat Darurat, Unit Rawat Inap, Unit Pelayanan Penunjang Medis dan unit pelayanan lain termasuk unit pelayanan Rawat Jalan atau poliklinik.

Poliklinik merupakan salah satu instalasi pelayanan kesehatan langsung pada pasien, dimana informasi medis hasil anamnesa, riwayat penyakit, pemeriksaan fisik, laboratorium, Rontgen, Diaganosa, terapi, perjalanan penyakit dan tindakan poliklinik mulai diperoleh (2). Catatan - catatan tersebut direkam dalam dokumen Rekam Medis (RM) pasien.

Data klinis pada poliklinik yang diabstraksi dari rekam medis merupakan bahan dasar bagi para dokter staf perawat poliklinik dalam menilai efektifitas dan efisiensi diagnosis dan pengobatan pada pasien yang dapat dijadikan informasi dalam menentukan tindakan, diagnosis dan pengobatan yang tepat pada pasien yang berkunjung ulang. Sehingga data tersebut harus dapat dengan mudah diakses dan ditampilkan dalam kesinambungan pelayanan medis yang tepat dan handal saat ini dan masa  yang akan datang dengan sistem informasi yang terencana baik.

Di poliklinik penyakit dalam Badan Rumah Sakit Umum ........., berdasarkan hasil survei pendahuluan jumlah kunjungan pada bulan September, Oktober dan November tahun 20... seperti terlihat pada tabel dibawah ini:

Tabel 1.1
Kunjungan poliklinik

Poliklinik

 

Bulan

B.ort

Mat

Kk

Kd

Jw

Gizi

Gigi

Dalam

Bedah

Anak

117

507

288

204

57

1

317

1493

395

305

September

106

555

291

200

46

1

361

1327

380

311

Oktober

78

424

257

155

64

2

187

1134

306

215

November


Poliklinik

Bulan

umum

Tht

Srf

Rm

Psi

Paru

145

498

452

277

6

339

September

164

551

476

313

1

313

Oktober

136

461

360

244

2

313

November


Sumber: Unit Rekam Medis Brsd ......................

Keterangan:
Jw        : jiwa                                                                                       
Kd        : kandungan                            
Kk        : kulit dan kelamin
Mat    : mata                                                                                                           
B.ort    : bedah ortopedi      
Psi    : psikologi
Rm        : rehabilitasi medik                       
Srf         : saraf                       
Tht        : telinga hidung dan tenggorokan

Dari tabel diatas jumlah kunjungan tertinggi terjadi pada poliklinik penyakit dalam dengan rata-rata tiap hari pada tiga bulan tersebut kurang lebih 52 pasien tiap hari. Hal ini menyebabkan volume pekerjaan yang lebih tinggi sedangkan jumlah tenaga hanya terdiri dari dua orang perawat dan satu tenaga administrasi.

Dengan banyaknya kunjungan, maka proses-proses transaksi pelayanan seperti proses penangkapan data dan proses pengambilan dokumen rekam medis untuk mengambil informasi guna pelayanan medis berkelanjutan serta pembuatan laporan poliklinik penyakit dalam semakin komplek. Semakin kompleknya proses diatas akan sulit terpenuhi apabila dilakukan secara manual, sehingga diperlukan sistem pengolahan data secara elektronik untuk mendukung proses-proses transaksi pelayanan medis dan proses-proses dalam sistem informasi pelayanan medis poliklinik penyakit dalam.

Berkaitan dengan proses-proses sistem informasi secara manual pada pelayanan dimana tiap-tiap pasien datang kegiatan seperti pengambilan kembali dokumen serta pengambilan informasi didalamnya yang berlanjut pada penambahan catatan secara manual, kondisi ini mempunyai beberapa kelemahan yaitu relatif lamanya pengambailan dokumen rekam medis, mudah rusaknya dokumen karena kontak manual saat pengambilan dan penambahan pencatatan, bentuk catatan manual sebagai informasi dalam pengambilan keputusan medik  kurang rapi dan jelas untuk dibaca dibanding catatan secara elektronik dan proses pembuatan laporan yang menurut petugas poliklinik penyakit dalam yang terasa menambah beban kerja serta inefisiensi kertas kerja dan tempat dokumen. Beberapa kondisi tersebut kurang mendukung untuk menciptakan dan memperlancar transaksi pelayanan medis yang cepat, tepat dan handal di poliklinik penyakit dalam.

Perkembangan teknologi informatika komputer memberikan sumbangan antara lain penghematan karena prosedur pengolahan dan penyajian informasi secara otomatik, akses terhadap informasi secara cepat dan terandalkan dapat mengurangi resiko kegagalan dalam manajemen kasus yang dirawat di Rumah Sakit khususnya poliklinik penyakit dalam, adanya umpan balik dari informasi manajerial untuk perbaikan proses pelayanan, Secara optimal dapat menurunkan biaya dan meningkatkan pendapatan melalui pelayanan yang cepat dan terandalkan. 

Berdasarkan hal-hal dan fakta-fakta diatas diperlukan suatu sistem informasi pelayanan medis rawat jalan poliklinik penyakit dalam berbasis komputer yang dapat membantu dalam proses transaksi pelayanan medis poliklinik penyakit dalam, menghindarkan dokumen rekam medis mudah rusak dan pengambilan dokumen rekam medis dan informasi medis di dalamnya dapat diakses dengan mudah dan cepat dan menghemat sumber daya serta menghasilkan informasi secara cepat, akurat dan tepat waktu bagi setiap level manajemen dalam manajemen pelayanan medis poliklinik penyakit dalam.

Rumusan Masalah


Berdasarkan latar belakang masalah dan fakta-fakta diatas maka rumusan masalahnya adalah bagaimana rancangan sistem informasi pelayanan medis rawat jalan poliklinik penyakit dalam berbasis komputer pada BRSD untuk membantu proses-proses transaksi pelayanan medis dan proses-proses dalam sistem informasi pelayanan medis poliklinik penyakit dalam serta menghasilkan informasi bagi tiap level manajemen dalam manajemen pelayanan medis poliklinik.


Demikianlah salah satu contoh latar belakang masalah yang selanjutnya menjadi rumusan masalah dari skripsi berjudul rancangan sistem informasi pelayanan medis rawat jalan poliklinik penyakit dalam berbasis komputer pada BRSD
LihatTutupKomentar